17 Istilah Penting Dalam Kalibrasi Peralatan Laboratorium

Kalibrasi peralatan laboratorium adalah kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen pengukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili bahan ukur, dengan nilai nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Sesuai klausul 6.4.7 dari SNI ISO/IEC 17025:2017, Laboratorium harus menetapkan program kalibrasi, yang harus ditinjau dan disesuaikan sepenuhnya untuk menjaga kepercayaan pada status kalibrasi.

Program kalibrasi terdokomentasi harus ditetapkan oleh laboratorium terhadap peralatan yang peralatan yang mempunyai pengarush signifikan pada hasil pengujian dan atau kalibrasi untuk memastikan ketertelusuran metrologi.

Berikut adalah 17 Istilah penting dalam kalibrasi peralatan laboratorium

1. Kalibrasi

Serangkaian kegiatan yang  membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen pengukur atau sistem pengukuran atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang  sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

2. Laboratorium Kalibrasi

Laboratorium yang melaksanakan pekerjaan kalibrasi

3. Petugas Kalibrasi

Orang yang bertugas melakukan pekerjaan kalibrasi

4. Standar Kalibrasi (kalibrator)

Peralatan atau bahan ukur yang dijadikan sebagai pembanding (acuan komparasi) dalam kegiatan pengerjaan kalibrasi.

5. Obyek Kalibrasi ( UUT = unit under test)

Alat ukur atau bahan ukur atau sistem pengukuran yang dikalibrasi terhadap suatu Standar Kalibrasi (kalibrator).

6. Metoda Kalibrasi

Pedoman acuan / prosedur teknis   tertentu untuk melaksanakan pekerjaan kalibrasi.

7. Prosedur Kalibrasi

Serangkaian uraian dan langkah-langkah teknis (termasuk pula  tambahan & modifikasinya, jika ada) untuk pengerjaan kalibrasi yang tersusun secara tertib, sistematis dan menyeluruh yang  mengacu pada suatu metoda kalibrasi tertentu.

8. Tanda Kalibrasi (label/ stiker)

Suatu bukti yang digunakan/ ditempelkan pada alat ukur atau bahan ukur yang telah dikalibrasi. (bersifat khas, dikeluarkan oleh pihak yang meng-kalibrasi)

9. Hasil Kalibrasi

Laporan yang berisi tentang hasil-hasil dari pengerjaan kalibrasi, yang dituangkan dalam bentuk “Laporan” atau “Sertifikat” .

10. Selang Waktu Kalibrasi (periode/interval kalibrasi)

Jarak waktu untuk kalibrasi ulang atau jarak waktu antara pertama dengan kalibrasi berikutnya.

11. Mampu Telusur (traceability)

Sifat dari suatu hasil pengukuran yang dapat dikaitkan dengan standar tertentu yang tepat, umumnya standar nasional atau internasional, melalui rantai pembandingan yang tak terputus.

12. Koreksi

Suatu harga yang ditambahkan secara aljabar pada hasil dari alat ukur untuk mengkompensasi (mengimbangi) penambahan kesalahan sistematik.

13. Kecermatan (Accuracy)

Kecakapan (kemampuan) dari instrumen ukur untuk memberikan indikasi pendekatan terhdp harga sebenarnya dari obyek yg diukur.

14. Ketelitian (Precision)

Kemampuan proses pengukuran untuk menunjukan hasil yg sama dari suatu pengukuran yg dilakukan berulang-ulang dan identik.

15. Rentang Ukur (Range, Capacity of measuremnet)

Besar daerah ukur antara batas ukur bawah dan batas ukur atas.

16. Nilai Skala Terkecil / NST  (Resolusi)

Besar pernyataan dari kemampuan peralatan untuk membedakan arti dari dua tanda harga/ skala yg paling berdekatan dari besaran yg ditunjukan.

17. Ketidakpastian Pengukuran (Measurement Uncertainty)

Perkiraan mengenai rentang hasil pengukuran yang didalamnya terdapat harga yang benar.

Demikian informasi tentang 17 istilah penting dalam kalibrasi peralatan laboratorium, jika ada informasi lain yang dibutuhkan, silahkan hubungi kami via e-mail di [email protected]

workshop manajemen kalibrasi

 

Leave a reply