2 Jenis Peralatan Laboratorium Yang Harus Dikalibrasi

Jenis peralatan laboratorium apa yang harus di kalibrasi ?

Kalibrasi adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen pengukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili dengan bahan ukur, dengan nilai nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dengan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Kalibrasi harus dilakukan pada peralatan yang mempunyai pengaruh signifikan pada hasil pengujian untuk memastikan ketertelusuran metrologi.

Kalibrasi yang dilakukan oleh petugas kalibrasi harus tertelusur ke satuan sisteminternationalmelalui rantai ketertelusuran yang tidak terputus.

Bila kalibrasi peralatan tidak dapat sepenuhnya dilaksanakan dalamsatuan sistem internasional, maka kalibrasi tersebut harus memberikan kepercayaan pada pengukuran dengan menetapkan ketertelusuran ke standar pengukuran yang sesuai seperti :

1.Penggunaan bahan acuan bersertifikat yang disediakan oleh pemasokyang kompeten untuk memberikan karakterisasi fisik atau kimia yang andal dari suatu bahan

2.Penggunaan metoda dan atau bahan satandar konsesnsus tertentu yang secara jelas diuraikan dan disepakati oleh semua pihak yang berkepentingan

3.Partisipasi dalam program uji profisiensi atau uji banding antar laboratorium

Pertanyaannya, jenis peralatan laboratorium apa yang harus dilakukan kalibrasi?

Mari kita bersama sama melihat ke SNI ISO/IEC 17025:2017, Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian Dan Kalibrasi untuk menjawab pertanyaan ini.

Pada Klausul 6.4.6 SNI ISO/IEC 17025:2017 Peralatan Laboratorium harus dikalibrasi jika :

1.Peralatan laboratorium berpengaruh pada pengukuran akurasi atau pengukuran ketidakpastian validitas hasil pengujian

2.Peralatan laboratorium dibutuhkan untuk memelihara ketertelusuran metrologi dari hasil pengujian

 

Sebagai tambahan, berikut adalah 3 jenis peralatan laboratorium yang memiliki dampak pada hasil pengujian

a. Peralatan laboratorium yang digunakan untuk penguran langsung dari sampel, misalnya timbangan analitik pada pengukuran massa sampel

b. Peralatan laboratorium yang digunakan untuk membuat nilai koreksi pada nilai pengukuran, misalnya pengukuran suhu

c.Peralatan laboratorium yang digunakan untuk menghitung hasil pengukuran dari kuantitas yang berbeda

 

jenis peralatan ini akan berbeda untuk tiap laboratorium tergantung dari parameter yang akan dianalisa. Berdasarkan persyaratan diatas, Sahabat Labmania bisa menentukan jenis peralatan apa yang harus dikalibrasi.

Demikian tulisan kami tentang jenis peralatan yang harus dikalibrasi, jika ada pertanyaan atau saran silahkan hubungi kami via e-mail : [email protected]

Training gratis kalibrasi peralatan laboratorium

Leave a reply