Ruko Ruby Commercial No.TC 25 Summarecon Bekasi

Apakah anda sudah membuat larutan kimia atau reagen dengan benar?

Merujuk pada Persyaratan Tambahan Akreditasi Laboratorium Pengujian Kimia KAN-01.02 dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) No. 347 tahun 2015, ada 7 hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan larutan kimia atau reagen, yaitu :

1. Pembuatan larutan kimia atau reagen harus merujuk pada Standar Internasional, misalnya ISO, SNI, ASTM atau Pharmakope.

2. Kualitas reagen dan bahan habis pakai lainnya harus sesuai untuk keperluan penggunaannya. Pertimbangan perlu diberikan pada pemilihan, pembelian,penerimaan dan penyimpanan reagen.

Reagen kimia, pelarut, dan gas umumnya tersedia dalam berbagai kadar dan kemurnian. Laboratorium harus menggunakan bahan dengan grade/kemurnian yang sesuai sebagaimana ditentukan dalam metode atau prosedur.

Untuk kebutuhan di laboratorium, ada beberapa grade atau kemurnian dari bahan kimia, seperti :

3.Laboratorium harus membuat prosedur tertulis untuk penyiapan / pembuatan larutan reagen.

Rekaman dalam bentuk log book pembuatan bahan kimia atau reagen harus dipelihara untuk dapat digunakan sebagai acuan selanjutnya jika terjadi hasil uji yang meragukan.

Rekaman harus mencakup bobot dan volume yang diukur, pembacaan buret, pembacaan pH, perhitungan faktor standardisasi dan konsentrasi larutan.

4.Reagen dan bahan acuan yang disiapkan di laboratorium harus diberi label untuk mengidentifikasi jenis zat, konsentrasi, pelarut (jika bukan air), potensi bahaya, batasan penggunaan, dan tanggal pembuatan.

5.Personil yang bertanggung jawab atas preparasi reagen harus teridentifikasi baik dari label maupun dari rekaman.

6.Reagen, standar, dan larutan lainnya, seperti fase gerak diberi label yang jelas mengenai nama larutan, konsentrasi, tanggal pembuatan, dan identitas orang yang membuat

7. Reagen, bahan acuan, dan persediaan lainnya yang disimpan harus berada di bawah kondisi yang sesuai dan dengan cara yang aman untuk memastikan pemisahan dengan bahan yang tidak sesuai.

Dimana kita menyimpan larutan kimia atau reagen?

Terdapat 4 jenis penyimpanan larutan kimia atau reagen, yaitu :

Kondisi penyimpanan harus dipantau, dikendalikan dan direkam menggunakan formulir monitoring ruangan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang pembuatan larutan kimia atau reagen yang benar. Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, silahkan hubungi kami di HP/WA 0821-2429-3839 atau

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *