7 Fakta Terkait Aqua Regia, Yang Mungkin Anda Belum Tahu

Bahan kimia merupakan hal yang tidak pernah tertinggal dari pengujian kimia berbagai produk. Penggunaan bahan kimia dalam laboratorium perlu diperhatikan, karena masing-masing bahan kimia memiliki identifikasi bahaya tersendiri.

Selain identifikasi bahayanya masing-masing, setiap bahan kimia juga memiliki ciri khusus dan fakta menarik, salah satunya adalah Aqua Regia.

Aqua regia merupakan bahan kimia yang sudah tidak asing lagi didengar oleh praktisi laboratorium. Aqua regia merupakan larutan berwarna jingga kemerahan yang dibuat dari campuran Asam Klorida (HCl) dan Asam Nitrat (HNO3) pada perbandingan 3:1 atau 4:1. Aqua regia dikenal sebagai asam sangat kuat, karena dapat melarutkan logam-logam murni.

Berikut ini fakta-fakta tentang Aqua Regia yang perlu diketahui oleh Sahabat Labmania :

1. Dikenal sebagai “King’s Water”

Pemberian julukan sebagai King’s Water karena aqua regia memiliki kemampuan untuk melarutkan logam mulia diantaranya emas, platinum, dan palladium. Tetapi perlu diketahui tidak semua logam dapat larut dalam aqua regia, misalnya iridium dan tantalum tidak dapat larut dalam aqua regia.

2. Sejarah Pembuatan Aqua Regia

Aqua regia ditemukan oleh seorang kimiawan muslim pada tahun sekitar 800 SM dengan mencampurkan garam dengan vitriol (sulfuric acid). Ahli kimia di abad pertengahan mencoba menggunakan aqua regia untuk menemukan batu philospher, yaitu batu yang dapat mengubah batuan biasa menjadi emas dan cairan yang menjamin keabadian bagi yang bisa memilikinya

3. Kisah Menarik dalam Perang Dunia ke 2

Kisah menarik dalam perang dunia ke dua adalah ketika Jerman  diserang oleh Denmark, kimiawan George de Hevesy melarutkan Medali Nobel yang dimiliki oleh Max von Laue dan James Frank kedalam aqua regia. Dia melakukan hal tersbeut untuk mencegah Nazi dari pengambilan medali yang terbuat dari emas.

Dia meletakkan larutan aqua regia dengan emas tersebut didalam rak di laboratoriumnya di Institute Niels Bohr dengan menggunakan botol kimia baru. Botol tersebut dikembalikan oleh de Hevesy ketika perang dunia selesai dan botol tersebut sekarang direklamasi.

4. Aqua Regia sebagai Bahan untuk Memurnikan Logam

Aqua regia sangat bermanfaat untuk melarutkan emas dan platinum serta diaplikasikan pada kegiatan ekstraksi dan pemurnian beberapa logam.

Chloroauric acid dapat dibuat dengan menggunakan aqua regia untuk memproduksi elektrolit untuk proses Wohlwill. Proses ini dapat menyaring kemurnian emas sangat tinggi (99,999%). Proses yang sama dapat digunakan untuk memproduksi platinum dengan kemurnian tinggi.

5. Aqua Regia untuk Membersihkan Mesin dan Alat Gelas 

Selain digunakan untuk melarutkan logam murni, aqua regia juga digunakan untuk proses analisis kimia analitik. Aqua regia digunakan untuk membersihkan logam dan bahan organik pada mesin dan alat gelas.

Bahkan, lebih baik menggunakan aqua regia daripada asam kromat untuk membersihkan tabung NMR karena asam kromat bersifat racun dan dapat mengahasilkan kromium yang dapat menghancurkan spektra NMR.

6. Aqua Regia bersifat Korosif dan Reaktif 

Aqua regia harus disiapkan sesegera mungkin sebelum digunakan. Aqua regia juga sangat korosif dan reaktif, karenanya banyak kecelakaan di laboratorium sering terjadi akibat penggunaan aqua reqia yang tidak berhati-hati.

7. Pembuangan Aqua Regia

Aqua regia seharusnya tidak dituangkan ke saluran pembuangan umum, karena  larutan tersebut mengandung logam terlarut yang berpotensi beracun

Demikian beberapa fakta menarik dari Aqua Regia. Semoga bermanfaat.

Training gratis estimasi ketidakpastian

Leave a reply