7 Persyaratan Peralatan Pada Laboratorium Kimia Yang Penting Untuk Diketahui

Bagaimana persyaratan peralatan pada laboratorium pengujian kimia?

Selain klausul peralatan yang terdapat pada SNI ISO/IEC 17025:2017, Laboratorium juga perlu memperhatikan beberapa persyaratan tambahan yang terdapat pada dokumen pendukung.

Untuk Sahabat LabMania yang bekerja di laboratorium kimia, berikut adalah persyaratan peralatan yang ada pada Persyaratan Tambahan Akreditasi Laboratorium Pengujian Kimia, KAN K-01.02

1.Semua peralatan yang digunakan di laboratorium harus memiliki spesifikasi yang memadai sesuai fungsinya, dan disimpan dengan pemeliharaan dan kalibrasi sesuai penggunaannya.

Peralatan gelas volumetrik harus dijaga dan diperiksa dengan benar. Terlepas dari jenisnya, di mana akurasi sangat diperlukan dalam pengujian, terutama untuk analisis kuantitatif, seluruh peralatan gelas volumetrik harus dikalibrasi, kecuali untuk peralatan gelas volumetrik Kelas A, yang telah dilengkapi dengan sertifikat kalibrasi yang valid.

2. Hotplate, stirrer, peralatan gelas untuk pengukuran non volumetric dan rough volumetric seperti gelas ukur dan gelas piala adalah peralatan yang tidak digunakan untuk pengukuran atau memiliki pengaruh kecil terhadap pengukuran. Pemeliharaan peralatan tersebut biasanya hanya dilakukan dengan mengecek kebersihan dan keamanan penggunaannya.  

Unjuk kerja piknometer, U-tube viscometer, pipet, dan buret bergantung pada karakterisasi “wetting” dan tegangan permukaan.

Prosedur pembersihan peralatan tersebut harus ditentukan sehingga tidak berpengaruh terhadap karakterisasi ini.

Membersihkan peralatan laboratorium – baik peralatan gelas maupun non-gelas, seperti polietilen, polypropylene dan perlengkapan teflon -, merupakan bagian penting dari operasional laboratorium dan elemen penting dari program penjaminan mutu.

Perhatian terhadap kebersihan peralatan ini harus meningkat sebanding dengan semakin berpengaruh pentingnya terhadap pengujian, akurasi pengukuran yang dibutuhkan, dan makin kecilnya konsentrasi analit yang akan ditentukan (analisa kelumit/ trace analysis).

3. Untuk analisa kelumit, petunjuk pembersihan khusus harus tersedia. Bila metode pengujian menentukan prosedur pembersihan khusus, tahapan ini harus diikuti.

Petugas laboratorium harus diinstruksikan untuk menangani zat berbahaya dan korosif sebelum peralatan dibersihkan.

Residu organik mungkin memerlukan perlakuan dengan larutan pembersih asam kromat, dan aparatus untuk analisis kelumit mungkin memerlukan pembilasan dengan asam nitrat 50% panas, diikuti dengan air dan air suling.

Peralatan gelas harus dikeringkan dan disimpan dalam kondisi yang tidak memungkinkannya terkontaminasi debu atau zat lainnya.

4. Kalibrasi atau pengecekan unjuk kerja dibutuhkan jika pengaturan/setting alat dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil pengujian (contoh: pengaturan suhu pada muffle furnace atau constant temperature bath). Pengecekan seperti ini perlu didokumentasikan.

Frekuensi pemeriksaan unjuk kerja harus dijelaskan dalam pedoman atau prosedur penggunaan peralatan. Jika tidak, hal ini dapat ditentukan berdasarkan pada pengalaman dan kebutuhan, tipe, serta hasil unjuk kerja sebelumnya.

Pengecekan antara dilakukan untuk menentukan penyimpangan di luar batas keberterimaan peralatan.

Artikel Terkait

Apa yang dimaksud pengecekan antara pada peralatan laboratorium?

5. Laboratorium harus mempunyai rekaman peralatan yang memuat :

a. Penjelasan peralatan,

b. Perlengkapan dan perangkat lunak yang penting,

c. Nama pabrik pembuat alat,

d. Identifikasi jenis dan nomor seri;

e. Nomor laboratorium;

f. Rekaman installation qualification (IQ) and operational qualification (OQ) yang diperoleh dari installer atau pabrik pembuat alat,

g. Bahan terkait lainnya seperti perbaikan peralatan, informasi garansi, kontrak terait kondisi dan spesifikan alat.

6. Laboratorium harus memiliki standar pH minimal dua buffer dalam rentang pH yang dibutuhkan untuk metode pengujian pada pH meter.

Buffer pH

7. Laboratorium harus memeriksa dan merekam secara teratur suhu oven, lemari pendingin, water baths yang digunakan dalam metode pengujian.

Rekomendasi pelaksanaan unjuk kerja dan kalibrasi peralatan dapat dilihat pada e-book dibawah ini

E Book Rekomendasi Jadwal Kalibrasi dan Unjuk 67 Kerja Peralatan Laboratorium

Leave a reply