8 Tips Menggunakan Neraca Analitik Dengan Benar

Bagaimana teknik menggunakan Neraca analitik dengan benar?

Pengujian dalam laboratorium tidak terlepas dari penggunaan neraca. Neraca digunakan hampir disetiap pengujian di laboratorium, baik laboratorium kimia atau laboratorium mikrobiologi.

Neraca digunakan untuk menimbang bobot sampel ataupun standar yang dibutuhkan, bahkan untuk menimbang bahan-bahan yang lain yang dibutuhkan dalam pengujian. Neraca yang digunakan di laboratorium mempunyai berbagai macam jenis berdasarkan angka ketelitian yang diberikan neraca.

Semakin sering digunakan , neraca dapat menghasilkan hasil yang mulai tidak stabil. Selain itu, banyak analis di laboratorium seringkali mengabaikan kebersihan neraca yang digunakan yang menyebabkan neraca menjadi kotor dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi hasil penimbangan.

Oleh karena itu dalam penggunaan neraca harus diperhatikan teknik penggunakan neraca, perawatan dan pemeliharaan neraca untuk mencegah kerusakan pada neraca.

Berikut adalah 8 Tips Menggunakan Neraca Analitik agar kualitas neraca analitik terjaga dan hasil analisa tetap akurat:

1.Selalu gunakan sarung tangan, jangan menyentuh pan dengan tangan terbuka

Tangan kita seringkali berkeringat ataupun membawa debu yang tidak terlihat oleh mata, hal ini dapat memengaruhi neraca jika tangan kita langsung bersentuhan dengan neraca , khususnya pan.

Jika tangan kita kontak langsung dengan pan neraca, maka dikhawatirkan akan membuat tekanan pada neraca yang akan membuat neraca membaca bobot tekanan tangan kita dan membuat neraca tidak stabil.

Penggunaan sarung tangan bertujuan untuk meminimalisir adanya debu dan keringat pada tangan. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya merupakan sarung tangan bebas tepung.

2. Pastikan pintu neraca selalu tertutup sebelum, saat dan sesudah digunakan

Pintu neraca tidak boleh terlalu lama dibiarkan terbuka. Hal ini dapat memengaruhi kestabilan neraca dalam membaca hasil penimbangan sampel yang ditimbang.

3. Gunakan ionizer pada neraca untuk menjamin kebersihan dan memastikan tidak ada yang menempel pada wadah

Beberapa neraca memiliki ionizer yang digunakan untuk membersihkan wadah yang digunakan untuk menimbang sampel agar benar-benar bersih dan terhindar dari debu yang menempel.

Tidak semua neraca memiliki ionizer, tapi jika neraca tidak memiliki ionizer maka pastikan wadah yang digunakan untuk menimbang benar benar kering dan tidak boleh menggunakan tangan saat memegangnya, tapi menggunakan tissue atau sarung tangan.

4. Simpan Neraca pada laboratorium dengan suhu 18-20 derajat Celcius

Neraca optimal bekerja pada suhu 20 derajat. Biasanya untuk neraca disiapkan ruang khusus yang terkontrol dengan suhu ruangan sekitar 18-20 derajat Celcius.

5. Perhatikan waterpass dan gelembung tetap pada batasnya

Waterpass berfungsi sebagai indikator pengukuran atau penentuan bahwa posisi neraca rata baik dan posisi ketegakan neraca dalam keadaan baik.

Waterpass ditandai dengan gelembung yang ada pada neraca tetap berada didalam batas yang ditentukan. Batasan yang ada di waterpass biasanya berbentuk bulat.

6. Jauhkan dari getaran dan letakkan neraca di meja khusus neraca

Getaran dapat memengaruhi hasil pembacaan neraca. Hal ini membuat neraca menjadi tidak stabil dalam membaca hasil penimbangan sampel dan menghasilkan hasil yang tidak akurat.

7. Kalibrasi internal neraca setiap kali akan digunakan dan setiap kali neraca dipindahkan

Kalibrasi neraca digunakan untuk memastikan bahwa neraca masih memiliki toleransi yang dapat diterima. Kalibrasi juga perlu dilakukan setiap kali neraca dipindahkan karena untuk memastikan bahwa neraca tidak mengalami perubahan meskipun dilakukan pemindahan terhadap neraca.

8. Jangan menggunakan cairan pembersih agresif tapi gunakan cairan pembersih khusus dan lap kain kering

Penggunaan cairan pembersih yang terlalu pekat dan agresif sangat mempengaruhi hasil pembacaan neraca. Selain itu penggunaan cairan pembersih yang salah dapat menyebabkan neraca menjadi lebih cepat rusak.

Demikian informasi yang bisa berikan tentang 8 Tips Menggunakan Neraca Analitik Yang Benar, jika ada informasi lain yang dibutuhkan, silahkan menghubungi e-mail kami di labjourney

Flyer Analytical balance_SOSMED-01

Leave a reply