Perbedaan Utama Antara Reprodusibilitas Dan Repitabilitas

Apakah Sahabat Labmania masih bingung dengan perbedaan Reprodusibilitas dengan Repitabilitas?

Apakah Sahabat Labmania sudah mengetahui kapan kita menggunakan salah satu dari kedua istilah tersebut ?

Presisi merupakan salah satu aspek penting dalam pengendalian mutu pengujian.  Presisi didefinisikan sebagai ketelitian suatu pengujian yang dilakukan dilihat dari nilai standar deviasi yang didapatkan dari data sampel yang dihasilkan.

Dalam penentuan presisi meliputi ;

  1. Repeatability (repitabilitas, ukuran presisi terkecil)
  2. Reproduciblity within laboratory (ukuran presisi intermediet)
  3. Reproducibilty between laboratories (ukuran presisi terbesar)

Penggunaan masing-masing presisi memiliki fungsi yang berbeda.  Hal tersebut dapat dilakukan dengan melihat terlebih dahulu tujuan dari jenis pengujian yang akan dilakukan, target pengujian, dan mendapatkan hasil yang akurat dan teliti.

Oleh karena itu, apakah perbedaan Repitabilitas dan Reprodusibilitas  ?

1.Repitabilitas

Merupakan pengulangan pengujian yang bertujuan untuk megkur keragaman  nilai hasil pengujian terhadap sampel yang sama dalam interval waktu yang sesingkat bekasi.

2.Reprodusibilitas

Merupakan pengulangan pengujian yang bertujuan untuk mengukur keragaman nilai hasil pengujian terhadap sampel yang sama dengan analis dan peralatan yang berbeda yang dilakukan pada satu atau lebih laboratorium dalam waktu yang sama atau berbeda.

Reprodusibilitas dibagi menjadi dua :

  1. Ukuran presisi intermediate, adalah uji reprodusibilitas yang dilakukan oleh dua analis atau lebih yang memiliki kompetensi yang sama dalam satu laboratorium.
  2. Ukuran presisi yang terbesar, adalah uji reprodusibilitas terhadap dua laboratorium atau lebih.

Secara garis besar perbedaaan  reprodusibilitas denngan repitabilitas adalah sebagai berikut :

Faktanya dalam menentukan presisi, kita perlu mengidentifikasi tujuan dari pengujian kita. Sehingga kita dapat menentukan jenis presisi mana yang kita gunakan.  Repitabilitas dan reprodusibilitas merupakan satu hal yang sama, yakni mencari presisi suatu pengujian.

Akan tetapi dalam konteks tujuan, kedua hal tersebut sangat berbeda. Dan keduanya seringkali digunakan dalam pengujian. Karena perbedaan tujuan, akan menimbulkan perbedaan metode yang akan digunakan dalam pengujian.

Semoga bermanfaat.

Leave a reply