Berapa Masa Kedaluwarsa Media Mikrobiologi Setelah di Autoclave?

Sampai berapa lama kita bisa menyimpan media mikrobiologi setelah diautoclave?

Pertanyaan tersebut adalah salah satu pertanyaan yang diajukan pada Kuliah Online Via Whatsapp yang dilaksanakan oleh LabMania Indonesia.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan merujuk pada SNI ISO 11133:2016, Mikrobiologi bahan pangan, pakan ternak dan air – Persiapan, produksi, penyimpanan dan kinerja pengujian media kultur.

Mari kita mulai pembahasannya 

Pertama, Identifikasi pada semua media harus dilakukan untuk memastikan ketertelusuran. Secara umum identifikasi bisa meliputi :

  • Nama bahan
  • Penerima
  • Tanggal penerimaan
  • Penerima
  • Masa daluarsa
  • Bagian dari berapa ( misalnya 1 of 3 )
  • dll.

Masa daluwarsa pada setiap media bervariasi. Standar internasional atau standar nasional mungkin akan menetapkan kondisi spesifik dan masa daluarsa, tapi laboratorium tetap harus melakukan verifikasi. Frekwensi verifikasi sebaiknya di tetapkan secara jelas oleh laboratorium.

Simpan media pada kondisi yang bisa mencegah modifikasi atau perubahan  dari komposisi media, terutama harus dilindungi dari cahaya dan kekeringan . Untuk memastikan ini, biasanya laboratorium harus melakukan monitoring suhu dan kelembaban ruangan secara berkala.

Jika tidak di gunakan dengan segera atau dinyatakan lain oleh standar khusus, Simpan media sudah jadi pada refrigerator suhu 5º ± 3º Celcius.

Ketika disimpan di refrigerator, secara umum direkomendasikan tidak melebihi 2 – 4 minggu untuk penyimpanan pada petri dish atau 3-6 bulan untuk penyimpanan pada  botol atau tabung  yang tertutup, kecuali dinyatakan lain oleh standar khusus atau hasil dari evaluasi di laboratorium mengindikasikan waktu daluarsa yang lebih panjang.

Informasi tambahan terkait waktu penyimpanan maksimal untuk media yang sudah siap terdapat pada ISO 8199, referensi 17 dan 21.

Direkomendasikan untuk menggunakan media yang ditambahkan supplement yang tidak stabil pada hari ketika di supplement tersebut ditambahkan. Hal ini bisa berubah jika dinyatakan lain oleh standar khusus atau ketika hasil kaji ulang masa daluarsa mengindikasikan waktu yang lebih lama.

Media padat yang mengandung bahan kimia yang bersifat reaktif dan atau bahan labil sebaiknya tidak disimpan dalam bentuk bulk untuk kemudian di remelting.

Sebelum digunakan atau sebelum pemanasan lebih jauh, direkomendasikan agar kultur media di dikondisikan sampai suhu ambient.

Bagaimana kita melakukan kaji ulang atau evaluasi masa daluwarsa?

Masa daluwarsa untuk media yang sudah disimpan harus ditetapkan dengan melakukan pengecekan terhadap karakteristik kinerja :

  • Fisika
  • Kimia dan
  • Mikrobiologi

Sedangkan frekwensi verifikasi ditetapkan oleh masing-masing laboratorium.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperiksa :

  • periksa adanya perubahan warna,
  • tanda tanda evaporasi atau dehidrasi,
  • periksa perubahaan nilai pH atau produktifitas yang tidak sesuai persyaratan atau
  • periksa selektifitas dan spesifitas jika memungkinkan.

Masa daluarsa harus didasarkan pada waktu penyimpanan dimana semua karakteristik kinerja yang disebutkan diatas masih bisa diterima.

Sebagai catatan, pengecekan seperti ini juga bisa dilakukan ketika melakukan komisioning atau pemeriksaan pada media yang dijual secara komersial.

Bagaimana Penyimpanan Media Pada Petri Dish?

Direkomendasikan, gunakan media yang sudah dipadatkan (setelah diautoclave) pada petri dish secara langsung atau simpan terbalik pada kondisi yang mencegah kerusakan  dan dehidrasi, misalnya pada ruangan yang gelap dan atau di refrigerator pada suhu 5º ± 3º C.

Buat label pada petri dish yang berisi identitas , waktu pembuatan dan atau waktu daluwarsa.

Waktu daluarsa poured plate akan lebih panjang jika disimpan pada plastik yang diseal atau tas cellophane. Untuk meminimalisasi kondensasi , plate sebaiknya di dinginkan sebelum ditempatkan pada container penyimpan. Dilarang mengerinkan permukaan plate agar sebelum disimpan pada suhu dingin.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, Silahkan menghubungi kami via e-mail di [email protected]

Leave a reply