Estimasi Ketidakastian Pengujian Kadar COD Pada Air Limbah

Bagaimana menghitung estimasi ketidakpastian pengujian kadar COD pada air limbah?

Air limbah merupakan satu sampel yang seringkali dianalisa dalam suatu pengujian laboratorium. Rerata laboratorium pengujian di beberapa daerah pasti melaksanakan pengujian khusus untuk kimia air limbah, dimana salah satu pengujian dilakukan adalah pengujian kadar COD (Chemical Oxygen Demand).

Pada ISO/IEC 17025:2017 disebutkan bahwa seluruh laboratorium pengujian diwajibkan untuk menghitung estimasi ketidakpastian dari pengujian yang dilakukan. Estimasi ketidakpastian yang dihitung kemudian dilaporkan sebagai nilai ketidakpastian yang dihasilkan dari pengujian yang kita lakukan pada sampel tertentu ,pada kasus ini adalah air limbah.

Dalam menghitung estimasi ketidakpastian diperlukan langkah-langkah tertentu. Mari kita bahas satu persatu-satu estimasi ketidakpastian pengujian kadar COD secara titrimetri pada air limbah berdasarkan referensi SNI 6989.73:2009.

Khusus untuk titrimetri terdapat 2 estimasi ketidakpastian, yakni estimasi ketidakpastian asal standarisasi dan estimasi kadar COD. Berikut langkah-langkah estimasi ketidakpastian COD secara titrimetri pada air limbah.

A.Estimasi Ketidakpastian Asal Standarisasi Ferro Ammonium Sulfat (FAS)

Pada SNI 6989.73:2009 dijelaskan bahwa dalam titrasi COD menggunakan titran garam FAS. Oleh karena itu kita perlu menghitung estimasi ketidakpastian terlebih dahulu dari titrasi dengan FAS.

Berikut contoh perhitungannya:

  1. Menentukan rumus

Langkah pertama adalah melihat terlebih dahulu rumus yang digunakan untuk mendapatkan Molaritas FAS. Berikut rumus yang didapatkan :

  1. Menentukan sumber ketidakpastian

Dalam menentukan sumber ketidakpastian biasanya digunakan diagram fish bone. Untuk menentukan sumber ketidakpastian dalam fish bone dapat digunakan dua cara yakni menginterpretasi dari rumus yang didapatkan atau melihat cara kerja yang dilakukan. Faktor apa saja yang dapat berpengaruh pada pengujian yang kita lakukan khususnya yang bersifat kuantitatif. Sumber ketidakpastian pengujian kadar COD pada air limbah dapa dilihat pada gambar dibawah ini :

  1. Menghitung masing-masing sumber ketidakpastian

Berdasarkan pada fish bone yang sudah dibuat dapat dihitung masing-masing sumber ketidakpastian yang didapatkan sebagai berikut (perhitungan ini berdasarkan standar EURACHEM) :

 

  1. Menghitung Ketidakpastian Gabungan

Setelah masing-masing sumber ketidakpastian didapatkan hasil ketidakpastiannya, maka dihitung ketidakpastian gabungannya, yang kemudian dihitung ketidakpastia diperluas. Hasil yang dilaporkan merupakan hasil perhitungan ketidakpastian diperluas yang dihitung menggunakan faktor koreksi berdasarkan selang kepercayaan yang dimiliki pada labortorium. Contoh dibawah ini menggunakan selang kepercayan 95% sehingga faktor koreksi yang digunakan adalah 2.

 

Estimasi Ketidakpastian Kadar COD

Perhitungan untuk estimasi ketidakpastian kadar COD sama halnya dengan perhitungan estimasi ketidakpastian asal standarisasi FAS, hanya saja berbeda pada sumber ketidakpastian yang didapatkan. Berkut contoh perhitungannya :

  1. Menentukan rumus

Berikut rumus perhitungan kadar COD :

  1. Menentukan sumber ketidakpastian

Berikut merupakan hasil diagram fish bone pengujian COD pada air limbah

  1. Menghitung masing-masing sumber ketidakpastian

 

  1. Menghitung Ketidakpastian Gabungan

Demikian perhitungan penetapan estimasi ketidakpastian pengujian kadar COD pada air limbah. Langkah-langkah pada perhitungan estimasi ketidakpastian hampir semua sama, yang membedakan hanya pada sumber ketidakpastian pengujian. Semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan terkait perhitungan penetapan estimasi ketidakpastian, silahkan menghubungi kami via e-mail di:  [email protected]

Training gratis estimasi ketidakpastian

 

Leave a reply