Manajemen Peralatan Laboratorium Mikrobiologi

Bagaimana persyaratan peralatan laboratorium yang terdapat pada laboratorium mikrobiologi?

Berikut adalah persyaratan peralatan yang kami rujuk pada Persyaratan Tambahan Akreditasi Laboratorium Pengujian Biologi KAN-01.04

I. Persyaratan umum untuk peralatan adalah laboratorium mikrobiologi harus melakukan:

1. Kalibrasi, termasuk membuat program dan jadwal rentang ukur secara rutin untuk peralatan utama.

2. Pengecekan antara.

3. Pemantauan kinerja peralatan.

4. Prosedur penggunaan dan perawatan alat.

5. Rekaman-rekaman.

6. Identifikasi peralatan.

II. Laboratorium harus memiliki pengaturan untuk:

1. Suhu inkubator dan waterbath yang digunakan untuk inkubasi bakteri, yang harus disesuaikan dengan persyaratan yg tercantum dalam metode uji.

2. Membuat pengaturan dan persyaratan serta menentukan jadwal pemeliharaan, kinerja, kalibrasi, dan verifikasi peralatan pengujian laboratorium yang memenuhi kriteria termasuk parameter pemeliharaan dan kalibrasi yang diperlukan, untuk mencapai keakuratan instrumen yang digunakan dalam pengujian analitik.

3. Catatan peralatan yang berisi :

a. Deskripsi instrumen.

b. Perangkat lunak dan aksesoris yang penting.

c. Nama pabrikan.

d. Identifikasi jenis dan nomor seri.

e. Nomor laboratorium.

f. Kualifikasi instalasi (IQ) dan kualifikasi operasi (OQ) yang diperoleh dari penginstal atau pabrik.

g. Materi terkait lainnya seperti layanan dan perbaikan instrumen, informasi garansi, kondisi dan spesifikasi pelayanan kontrak.

4. Laboratorium harus memiliki pengaturan pengoperasian untuk setiap instrumen, termasuk memulai dan mematikan instrumen.

5. Bila instrumen ditemukan beroperasi dengan tidak benar, maka harus diberi tanda dan tidak digunakan sampai pemeriksaan kinerja dan verifikasi telah dilakukan dan didokumentasikan.

6. Setiap instrumen memiliki jadwal pemeriksaan kinerja yang jelas, termasuk frekuensi pengujian dan spesifikasi kinerja yang dapat diterima.

Pemeriksaan kinerja ini memastikan instrumen beroperasi dengan benar dan konsisten sebelum digunakan untuk analisis

7. Laboratorium harus memiliki pengaturan untuk menghindari kontaminasi silang yang timbul dari peralatan, seperti:

a. Peralatan sekali pakai harus bersih dan steril.

b. Barang bekas pakai harus benar-benar dibersihkan dan disterilkan.

c. Laboratorium harus memiliki autoclave terpisah untuk dekontaminasi.

III. Laboratorium harus melakukan :

1. Pengecekan antara untuk pemantauan suhu inkubator, waterbath refrigerator, dan freezer harus menggunakan thermometer atau thermocouple yang terkalibrasi oleh laboratorium kalibrasi yang terakreditasi.

2. pH meter harus dilengkapi dengan paling sedikit tersedia tiga jenis buffer untuk capaian kisaran pH yang dibutuhkan dalam metode pengujian dan untuk penentuan standar pH, buffer yang tersedia belum kadaluwarsa.

3. Probe pH meter dipelihara dengan tutup dan atau larutan penyangga atau air suling.

4. Safety cabinet harus memiliki pengaturan pengunaan dan pemantauan serta rekaman efektivitas lampu UV yang terdokumentasi.

5. Program pemeriksaan laju aliran udara dan jumlah partikel dalam ruang Biohazard atau aliran dalam laminar kabinet ditetapkan secara teratur.

6. Efektivitas pengoperasian autoklaf harus diperiksa secara rutin dengan menggunakan indikator biologis.

7. Pipet otomatis harus diverifikasi volumenya.

8. Hygrometer harus dikalibrasi oleh laboratorium kalibrasi yang terakreditasi, bila kelembaban berpengaruh pada hasil pengujian.

9. Frekuensi penggunaan dan program perawatan autoklaf harus tersedia dan didokumentasikan untuk memastikan kinerja autoklaf.

10. Laboratorium harus melakukan verifikasi awal terhadap peralatan volumetrik seperti dispenser otomatis, dispenser/pengencer pipet tangan mekanis dan pipet sekali pakai dan melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan bahwa peralatan tersebut bekerja sesuai spesifikasi yang dipersyaratkan.

11. Pada peralatan volumetrik tertentu, akurasi volume harus diperiksa sesuai dengan peruntukannya dan harus dipastikan presisi/keberulangannya.

12. Sentrifuse yang digunakan harus dikalibrasi.

Demikian informasi yang bisa sampaikan terkait persyaratan peralatan pada laboratorium mikrobiologi. Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, Silahkan menghubungi kami via e-mail di [email protected]

Leave a reply