Metoda Membrane Filter Untuk Analisa Escherichia Coli Pada Air Dan Air Limbah

Apakah anda ingin melakukan analisa Escherichia coli menggunakan metode membrane filter?

Eschericia coli adalah salah satu mikroorganisme yang menjadi indikator kebersihan. Pemeriksaan Escheria coli pada air dan air limbah merupakah salah satu parameter waji pada baku mutuair bersih dan air limbah.

Salah satu metode yang bisa digunakan adalah metode analisa menggunakan memberane filter. Berikut adalah salah satu metode analisa dari American Public Health Association (APHA) yang bisa digunakan :

9222 J Simultaneous Detection of Total Coliform and E. coli by Dual-Chromogen Membrane Filter Procedure

I. Alat Laboratorium

1. Botol sampel

2. Botol pengenceran

3. Pipet, wadah sampel, dan silinder ukur

4. Cawan petri

5. Unit filtrasi

6. Filter membran

7. Bantalan penyerap

8. Forceps

9. Inkubator

10. Membrane Filter

11. Absorbent pad

II Media Mikrobiologi 

Media m-ColiBlue24® Broth

III. Prosedur

1. Balikkan satu ampul kaldu m-ColiBlue24, 2 – 3 kali sebelum mengeluarkan. Buka ampulnya. Angkat tutup cawan petri dan hati-hati tuangkan isinya secara merata pada bantalan penyerap.

2. Siapkan peralatan filtrasi membran. Gunakan pinset steril untuk memasang filter membran di alat.

3. Balikkan/campur sampel atau sampel yang diencerkan selama 30 detik (25 kali) untuk memastikan sampel tercampur dengan baik.

4. Tuang atau gunakan pipet untuk menambahkan sampel ke dalam corong. Jika volumenya kurang dari 20 mL, tambahkan 10 mL air pengenceran buffer steril ke dalam corong.

5. Hidupkan vakum sampai corong kosong. Hentikan alat vakum.

6. Bilas corong dengan 20 sampai 30 mL air pengenceran buffer steril. Lakukan vakum. Bilas corong dua kali lagi.

7. Hentikan vakum saat corong kosong. Lepaskan corong dari unit filter. Gunakan pinset steril untuk mengangkat filter membran.

8. Letakkan filter membran pada bantalan penyerap. Biarkan filter membran menekuk dan berada dipermukaan secara merata di bantalan penyerap untuk memastikan gelembung udara tidak terperangkap di bawah filter.

9. Tutup cawan petri dan balikkan cawan petri.

10. Inkubasi cawan petri terbalik pada 35 ± 0,5 ° C selama 24 jam.

11. Angkat cawan petri dari inkubator. Gunakan mikroskop 10 hingga 15x untuk menghitung jumlah koloni bakteri pada filter membran.

12. Hitung semua koloni merah dan biru sampai ungu di bawah cahaya normal / ambient dan catat sebagai hasil total coliform. Hitung hanya koloni biru sampai ungu dan catat sebagai hasil E. coli. Koloni bening atau putih dianggap koloni non-koliform. Jumlah noncoliform yang tinggi dapat mengganggu perkembangan koloni koliform.

13. Verifikasi koliform: Untuk air minum, verifikasi koliform total koloni tidak diperlukan untuk media ini. Untuk air selain air minum, verifikasi pada frekuensi yang ditetapkan oleh laboratorium (lihat Bagian 9020B.10). Berdasarkan kebutuhan dan jenis sampel, laboratorium dapat memasukkan pengukuran QC yang lebih ketat (misalnya, verifikasi setidaknya satu koloni dari setiap jenis koloni tipikal atau atipikal dari kultur filter membran tertentu, verifikasi 10% sampel positif) (lihat Bagian 9020B.10) . Sesuaikan hitungan berdasarkan hasil verifikasi. Uji verifikasi terdapat di 9222B.4g.

IV.. Perhitungan Kepadatan Coliform

Lihat 9222B.5. Hitung nilai akhir menggunakan rumus:

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, silahkan menghubungi kami di 0821=2429-3838 atau klik :

Klik untuk menghubungi Team LabMania

Leave a reply