Penetapan Estimasi Ketidakpastian Pada Analisa Menggunakan Dissolve Oxygen (DO) Meter

Penetapan Estimasi ketidakpastian merupakan salah satu kewajiban dalam SNI ISO/IEC 17025:2017. Klausul yang berkaitan dengan estimasi ketidakpastian disebutkan dalam klausul 7.6 yakni tentang evaluasi estimasi ketidakpastian pengukuran.

Adanya kewajiban terhadap penetapan estimasi ketidakpastian membuat laboratorium pengujian dan kalibrasi mulai mencari cara melakukan teknik estimasi ketidakpastian yang benar dan mudah, karena penetapan ini perlu dilakukan setiap kali pengujian.

Salah satu pengujian yang sering dilakukan laboratorium adalah pengukuran kadar DO (Dissolved Oxygen/Oksigen terlarut) pada sampel air.

Dalam pengukuran DO, biasanya beberapa laboratorium ingin mendapatkan hasil yang cepat dan akurat , untuk itu banyak dari mereka menggunakan alat DO meter. DO meter merupakan alat otomatis untuk menghitung kadar DO, dimana sampel tinggal dimasukkan, kemudian kadar DO langsung terbaca dalam satuan mg/L ataupun % sesuai dengan kehendak yang kita inginkan.

Penggunaan alat otomatis dalam pengukuran atau pengujian juga memiliki nilai ketidakpastian pengukuran. Oleh karena itu, perlu dilakukan estimasi ketidakpastian pengukuran DO meter.

Berikut adalah langkah-langkah Penetapan Estimasi Ketidakpastian Pada Analisa Menggunakan Dissolve Oxygen (DO) meter :

  1. Pembuatan Fish Bone Dalam penetapan estimasi ketidakpastian, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pembuatan fish bone (menentukan sumber ketidakpastian) dari DO meter. Berikut merupakan fish bone dari DO meter :
  2. Perhitungan Ketidakpastian Baku Asal masing-masing Sumber KetidakpastianBerdasarkan pada fishbone yang dibuat, kemudian dihitung masing-masing ketidakpastian baku dari masing-masing sumber ketidakpastian. Berikut perhitungan masing-masing ketidakpastian baku sumber ketidakpastian : kalibrasi dan resolusi alat merupakan hal yang berbeda. kalibrasi alat dapat dilihat pada sertifikat alat DO meter. sedangkan resolusi alat dapat dilihat pada spesifikasi alat DO meter.
  3. Perhitungan Ketidakpastian Gabungan dan Pelaporan Berikut merupakan ketidakpastian gabungan dari beberapa ketidakpastian baku DO meter :

Demikian langkah-langkah dalam penetapan estimasi ketidakpastian pada analisa menggunakan Dissolve Oxygen (DO) meter. Dalam penggunaan alat otomatis sumber estimasi ketidakpastian bukan hanya berasal dari kalibasi alat, tapi juga harus dihitung juga mulai dari presisi dan resolusi alat tersebut.

Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, Silahkan menghubungi kami via e-mail di [email protected] . Anda juga bisa sharing pengalaman anda dan masukan terhadap artikel ini via kolom komentar di bawah ini.

Training gratis estimasi ketidakpastian

Leave a reply