Persyaratan Air Untuk Analisa Di Laboratorium Mikrobiologi

Bagaimana persyaratan air untuk analisa di laboratorium mikrobiologi?

Salah satu sumber kesalahan pada analisa di laboratorium mikrobiologi adalah kesalahan pemilihan dan penggunaan air pada pembuatan media mikrobiologi. Kesalahan ini bisa mengakibatkan potensi terjadinya positif palsu atau negatif palsu.

7 Kompetensi Penting Sebagai Microbiologist

Merujuk pada Dokumen KAN K-01.04 Persyaratan Tambahan Akreditasi Laboratorium Pengujian Biologi, Berikut adalah Persyaratan Air Pada Pembuatan Media Mikrobiologi :

1. Gunakan hanya air yang dimurnikan, misalnya destilasi, demineralisasi, deionisasi atau yang dihasilkan dengen reverse osmosis, atau yang mutunya setara dan bebas dari bahan bahan penghambat pertumbuhan bakteri.

2. Air harus disimpan dalam wadah bertutup rapat (gelas, polyethelen dsb) yang harus bebas dari bahan bahan penghambat.

3. Disarankan untuk menggunakan air segera setelah dibuat.

4. Kontaminasi mikroba tidak boleh melebihi 10‾³ koloni/ml dan lebih disarankan dibawah 10¯² koloni/ml.

5. Lakukan pemantauan kontaminasi mikroba secara berkala sesuai ISO 6222 dengan menginkubasi cawan pada 22ºC± 1 selama 68±4 jam atau dengan menggunakan metode yang setara.

6. Konduktifitas air harus tidak lebih dari 25µScm-1 (setara dengan resistivitas > 0.04 Ωcm) dan lebih disarankan dibawah 5 µSm-1 pada 25ºC. Kecuali sebaliknya diperlukan dengan rancangan.

7.Konduktifitas air harus dicek sebelum digunakan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait Persyaratan Air Untuk Analisa Di Laboratorium Mikrobiologi. Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, Silahkan menghubungi dengan klik >>> Anda Bertanya, LabMania Menjawab

Leave a reply