Persyaratan Air Untuk Pembuatan Media Mikrobologi

Bagaimanakah persyaratan air yang digunakan untuk pembuatan media mikrobiologi?

Untuk menghasilkan analisa yang akurat di laboratorium mikrobiologi, salah satu yang harus kita perhatikan adalah air yang digunakan pada pembuatan media mikrobiologi. Air yang tidak sesuai persyaratan akan menghambat pertumbuhan bakteri  atau kapang/khamir yang kita targetkan dan mungkin menghasilkan negatif palsu.

Mari kita lihat lebih detail…….

Untuk pembuatan media mikrobiologi, gunakan hanya water purified seperti aqua destilasi, aqua demineralisasi. air deionisasi, air yang dihasilkan oleh proses  reverse osmosis, atau air dengan kualitas yang sama , bebas dari bahan bahan yang menghambat atau mempengaruhi pertumbuhan mikroorganisame pada pengujian seperti klorin, amonia dan ion-ion logam.

Water purified sebaiknya  disimpan pada container dari bahan yang bersifat inert ( glass netral, polyethyelene, dll), tertutup rapat dan bebas dari penggangu.Direkomendasikan menggunakan air segera setelah diproduksi.

Kontaminasi mikroba tidak boleh melebih 10³ colony forming units (cfu)/ml dan dianjurkan dibawah 10² cfu/ml. Kontaminasi mikroba harus diperiksa secara berkala sesuai dengan ISO 6222 , dilakukan dengan inkubasi pada suhu 22ºC ±1ºC selama 68 jam ± 4 jam atau menggunakan metode yang setara.

Sebagai informasi, air yang dihasilkan dari proses pergantian ion (demineralisasi) kemungkinan mengandung banyak mikroba. Untuk itu direkomendasikan untuk tidak menggunakan air ini tanpa pemerikasaan kandungan mikroba secara berkala.

Konduktifitas air yang digunakan di laboratorium tidak boleh melebihi 25 μScm-¹ (setara dengan resistivitas ≥0.04MΩ cm) dan sebaiknya dibawah 5μScm-¹ ( air grade 3, ISO 3696) pada suhu 25ºC kecuali jika ada persyaratan lain. Kondultivitas air sebaiknya diperiksa sebelum digunakan.

Demikian persyaratan air untuk pembuatan media mikrobiologi sesuai SNI ISO 11133:2016 Mikrobiologi bahan pangan, pakan ternak dan air-Persiapan, produksi, penyimpanan dan kinerja pengujian media kultur.

Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, silahkan menghubungi kami via e-mail di [email protected]

 

Leave a reply