Persyaratan Personil Mikrobiologist di Laboratorium Mikrobiologi

Apakah personil mikrobiologist di laboratorium mikrobiologi Sahabat Labmania sudah memenuhi persyaratan?

Berikut adalah persyaratan personil yang kami rujuk pada Persyaratan Sumber Daya yang terdapat pada Dokumen Persyaratan Tambahan Akreditasi Laboratorium Pengujian Biologi KAN K-01.04

1. Analis laboratorium sudah bekerja secara rutin di laboratorium pengujian biologi minimal 1 tahun dan memiliki kompetensi pengujian biologi yang memadai.

Dokumen yang dibutuhkan :

a. Curriculum Vitae (CV) Mikrobiologist yang paling mutakhir.

b. Sertifikat Training yang sudah diikuti

2. Manajemen laboratorium harus memastikan bahwa semua personil telah menerima pelatihan yang memadai dan kompeten dalam pelaksanaan pengujian dan pengoperasian peralatan.

Dokumen yang dibutuhkan :

a. SOP Pelatihan Karyawan

b. Rekaman pelatihan mikrobiologist

3. Manajer teknis, supervisor, dan analis laboratorium harus memiliki pendidikan dasar biologi atau ilmu yang relevan yang terkait atau pengalaman yang menunjang pengujian.

4. Pengujian biologi harus disupervisi oleh personil yang berpengalaman dan berkompeten di bidang teknis sesuai dengan lingkup akreditasi. Supervisor laboratorium harus dapat mengontrol kegiatan teknis dan mengatasi masalah yang mungkin timbul.

5. Kompetensi personil laboratorium harus dipantau minimal setahun sekali

Dokumen yang dibutuhkan :

a. SOP Uji Banding Antar Analis

Webinar Uji Banding Antar Analis

 

6. laboratorium harus mengelola uraian tugas dan rekaman personil yang termutakhir.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait persyaratan personil mikrobiologist di laboratorium mikrobiologi. Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, Silahkan menghubungi kami via e-mail di [email protected]

Leave a reply