Prosedur Penggunaan Biological Indicator Untuk Autoclave Anda

Apakah anda ingin menggunakan Biological Indikator untuk memastikan kinerja autoclave di laboartorium mikrobiologi anda?

Biological Indicator merupakan indikator yang dirancang untuk pemantauan autoklaf sterilisasi uap pada suhu 121 – 135o C. Di dalam Biological Indikator terdapat spora Geobacillus Stearothermophillus. Jika proses sterilisasi tidak efektif, media indicator akan berubah warna dari ungu menjadi kuning pada suhu 55 – 62o C. Hal tersebut mengindikasikan keberadaan spora Geobacillus Stearothermophillus yang masih hidup. Jika proses sterilisasi efektif, media indikator akan tetap ungu setelah inkubasi. Inkubasi dilakukan selama 24 jam pada suhu 55 – 62 o C.

Komposisi

Setiap tabung biological indikator berisi populasi Spora Geobacillus Stearothermophilus ATCC 7953 dan media indicator berwarna ungu.

Tindakan Pencegahan

Biological Indicator tidak boleh digunakan untuk pemantauan Etilena Oksida, Panas Kering, Uap Kimia, atau radiasi lainnya. Biological Indicator tidak boleh digunakan kembali setelah proses sterilisasi. Jangan gunakan Autoklaf kembali jika hasil tes Biological Indicator menunjukkan hasil yang positif (media indikator tetap berwarna kuning).

Penyimpanan

Simpan Biological Indicator di tempat yang gelap pada suhu 10 – 30o C, kelembaban relative 30 – 80%, jangan sampai membeku. Jangan disimpan dekat sterilizing agents atau bahan kimia lainnya.

Instruksi Penggunaan

1. Biological Indicator diberikan label dengan menulis “untuk sterilisasi” dan berikan tanggal pemrosesan pada label indikator.

2. Kemas Biological Indicator beserta bahan yang akan disterilkan dalam satu wadah yang sesuai yang disarankan prosedur praktik. Tempatkan wadah tersebut di tempat yang anda prioritaskan. Pertimbangkan wadah tersebut dapat dijangkau sterilizing agents, pada umumnya pusat beban pada area dekat pintu autoklaf yang bermasalah.

3. Lakukan proses sterilisasi seperti yang biasa dilakukan.

4. Setelah proses sterilisasi selesai buka pintu autoklaf, tunggu selama 5 menit dan keluarkan Biological Indicator dari wadah.

PERHATIAN : Gunakan kacamata safety dan sarung tangan saat mengeluarkan Biological Indicator dari wadah. Jangan menghancurkan atau menangani Biological Indicator secara berlebihan, karena dapat menyebabkan tabung meledak.

5. Diamkan Biological Indicator hingga mencapai suhu kamar.

6. Periksa indicator kimia pada label Biological Indicator, perubahan warna menjadi cokelat mengindikasikan bahwa Biological Indikator telah terkena uap.

PENTING : Perubahan warna ini tidak menunjukkan bahwa proses tersebut cukup untuk mencapai sterilitas, jika indicator kimia tidak berubah periksa kembali proses sterilisasi.

7. Hancurkan ampul Biological Indicator dengan crusher ampul. Kemudian cocok tabung dengan kuat, dengan gerakan seperti menurunkan suhu merkuri termometer sampai media mencapai dasar tabung dan sepenuhnya membasahi Spora Geobacillus Stearothermophillus. Kemudian tempatkan Biological Indicator ke dalam incubator.

PENTING : Gunakan Biological Indicator yang tidak disterilkan sebagai kontrol positif untuk memastikan kondisi inkubasi terpenuhi.

8. Inkubasikan Biological Indicator steril maksimum selama 24 jam pada suhu 55 – 62o C, begitu juga dengan Biological Indicator yang tidak disterilkan diinkubasi selama 24 jam pada suhu yang sama sebagai kontrol positif Biological Indicator.

Perubahan warna media indikator dari ungu menjadi kuning mengindikasikan terjadinya kegagalan sterilisasi. Jika tidak terjadi perubahan warna pada media indikator (tetap berwarna ungu) menandakan hasil negative dan tidak ada kegagalan dalam proses sterilisasi.

CATATAN : Jika waktu inkubasi melebihi 24 jam disarankan menggunakan lingkungan lembab untuk mencegah media kultur di dalam indikator menguap.

Pembuangan

Buang Biological Indicator sesuai dengan regulasi kesehatan dan keselamatan. Biological Indicator dengan hasil positif dapat disterilisasi dengan autoklaf pada suhu 121o C selama 30 menit, 132o C selama 15 menit atau 134o C selama 10 menit. Atau menggunakan sterilisasi uap penghilang udara dinamis pada 132o C selama 4 menit atau 135o C selama 3 menit.

 

Leave a reply