Publik Training Estimasi Ketidakpastian Pengujian Kimia Bersama Dr Julia Kantasubrata

Ingin meningkatkan kompetensi dibidang penetapan estimasi ketidakpastian pengujian kimia?

Penetapan ketidakpastian pengujian kimia diperkenalkan pertama kali oleh ISO pada tahun 1993 dengan menerbitkan “Guide To Expression of Uncertainty In Measurement“. Pada tahun ini juga mulai diperkenalkan perbedaan antara konsep kesalahan dan ketidakpastian.

Pada tahun 1995, terbit edisi pertama EURACHEM ” Guide To Quantifying Uncertainty in Analytical Measurement”. Edisi ini konsisten dengan persayaratan SNI ISO/IEC 17025:2017.

Selanjutnya, seperti semua cabang pengetahuan, berkembang banyak metoda untuk menetapkan estimasi ketidakpastian pengujian kimia.

Kenapa PENTING bagi kita untuk mempelajari penetapan estimasi ketidakpastian ?

Ada 3 alasan utama kenapa kita harus mempelajari dan mengaplikasikan penetapan estimasi ketidakpastian pengujian laboratorium kimia di laboratorium kita :

1. Hasil yang lebih akurat

Hasil analisa akan lebih akurat jika kita menyertakan nilai estimasi ketidakpastian. Nilai ini akan membantu laboratorium dan customer untuk menggunakan hasil analisa dengan lebih baik.

Peningkatan tingkat akurasi ini akan secara signifikan meningkatkan nilai kepercayaan laboratorium terhadap para pengguna hasil laboratorium. Anda akan lebih percaya diri terhadap hasil analisa laboratorium.

2. Termasuk pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Menganalisis pengukuran dan mengestimasi ketidakpastian termasuk salah satu kompetensi pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Nomor 347 Tahu 2015 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Di Bidang Jasa Pengujian Laboratorium terjemahan dari Australian Laboratory Operation Training Package (MSL09)

Jika anda mampu menetapkan estimasi ketidakpastian pengujian kimia, artinya anda kompeten dibidang pengujian laboratorium, yang kompetensinya diakui secara nasional.

3. Klausul SNI ISO/IEC 17025:2017

Klausul 7.6.3 SNI ISO/IEC 17025:2017 mensyaratkan Laboratorium yang melakukan pengujian harus mengevaluasi ketidakpastian pengukuran. Bila metode uji tidak memungkinkan evaluasi ketidakpastian pengukuran secara ketat, estimasi harus dilakukan berdasarkan pemahaman terhadap prinsip-prinsip teoritik atau pengalaman praktis dari kinerja metode tersebut

Laboratorium yang sudah menetapkan estimasi ketidakpastian pengujian kimia, artinya laboratorium sudah sesuai dengan salah satu persyaratan SNI ISO/IEC 17025:2017

 

Saat ini, terdapat 2 pendekatan dalam menetapkan estimasi ketidakpastian pengujian kimia, yaitu :

1. Pendekatan Top Down 

Mengevaluasi komponen-komponen ketidakpastian menggunakan real data dari suatu seri pengukuran/pengujian  yang dilakukan laboratorium

2. Pendekatan Bottom Up

Mengevaluasi komponen-komponen ketidakpastian menggunakan model matematik (rumus yang dipakai untuk menghitung measurand) dan ketidakpastian dihitung dari semua sumber yang memberikan kontribusi pada

 

Untuk meningkatkan kompetensi dibidang penetapan estimasi ketidakpastian pengujian kimia dan memberikan update informasi terkait metoda terbaru ( pendekatan top-down) dalam penetapannya, LabMania Indonesia akan mengadakan :

Publik Training

Penetapan Estimasi Ketidakpastian Pengujian Kimia. Metode Top – Down

Publik Training akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Kamis, 7 November 2019

Waktu              : 08.30 – 15.00 WIB

Tempat            : Harris Convention Centre, Summarecon Bekasi

 

Narasumber :

DR. Julia Kantasubrata, Asesor Laboratorium Komite Akreditasi Nasional (KAN)

 

Biaya :

Rp. 1.500.000/peserta

Early Bird sampai dengan 21 September 2019 Rp. 1.000.000/peserta

Fasilitas :

  • Sertifikat
  • Makan Siang dengan 2 kali rehat kopi
  • Seminar Kit dan modul seminar
  • Door Prize

 

Bonus :

  • Training Gratis 3 jam ” 15 Langkah Mudah Kaji Ulang Manajemen Yang Benar Sesuai SNI ISO/IEC 17025:2017 ” untuk 20 peserta pertama senilai Rp. 350.000
  • Voucher Rp. 500.000 untuk mendapat akses E-Learning Penetapan Estimasi Ketidakpastian Pengujian Mikrobiologi
  • Template Audit Plan Untuk Audit Internal Laboratorium senilai Rp. 100.00o
  • Template Laboratory Safety Plan senilai Rp. 100.000

 

Pendaftaran Online:

Silahkan klik disini untuk melakukan pendaftaran online

 

Narahubung :

Leave a reply