[Q&A] Fungsi Waterpass Pada Timbangan Analitik Bersama Bp Gangsar Sulistyarto

Apa Fungsi Waterpass Pada Timbangan Analitik ?

Pada bulan Pebruari 2021, LabMania Indonesia melaksanakan Program Interview With The Expert Bersama Bp. Gangsar Sulistyarto, salah satu Assessor Laboratorium.

Tanya jawab ini kami lakukan secara online dan sudah kami dokumentasikan agar bisa dipelajari oleh seluruh Sahabat Labmania.

Berikut adalah salah satu tanya jawab dalm program tersebut terkait Fungsi Waterpass Pada Timbangan Analitik.

Silahkan klik disini untuk melihat seluruh tanya jawab pada program ini.

Apa Yang Dimaksud dengan Waterpass ?

Waterpass merupakan salah satu elemen ada pada neraca analitik. Waterpass juga tidak hanya ada pada neraca analitik, namun pada neraca yang lain ataupun alat ukur lain yang membutuhkan keseimbangan biasanya mempunyai waterpass.

Apa Tujuan adanya Waterpass pada Timbangan Analitik ?

Agar posisi dari timbangan analitik tepat pada posisi yang benar yakni posisi datar. Hal ini dikarenakan pengaruh posisi peletakan neraca analitik sangat mempengaruhi hasil penimbangan dari sampel yang akan ditimbang.

Apa Fungsi Waterpass pada Timbangan Analitik ?

Fungsi waterpass pada timbangan analitik adalah memastikan bahwa posisi timbangan analitik selalu dalam posisi datar dan sempurna. Hal ini dapat kita gambarkan sebagai berikut :

Jika kita membuka pan timbangan maka dibawah pan tersebut terdapat elemen timbangan analitik yang berbentuk kerucut. Penimbangan sampel yang dilakukan diatas pan harus diletakkan di tengah pan untuk menghasilkan hasil yang tepat.

Jika pada saat penimbangan kita sudah melakukan penimbangan sampel di tengah pan namun posisi neraca analitik dalam posisi miring, maka beban dari sampel yang ditimbang tidak mengikuti gaya gravitasi dengan 180 derajat tertarik kebawah, namun sudah melenceng dari beban yang seharusnya.

Hal ini dapat mempengaruhi hasil penimbangan sampel. Dengan kata lain, waterpass digunakan untuk memastikan supaya pan tetap dalam posisi ditengah elemen kerucut yang ada sehingga selalu menghasilkan hasil yang akurat.

Oleh karena itu, pengaturan waterpass perlu dilakukan diawal pekerjaan sebelum neraca analitik disambungkan ke sumber arus listrik sehingga neraca analitik dapat dipastikan menghasil penimbangan yang tepat.

Bagaimana dengan timbangan yang tidak memiliki waterpass ?

Tidak semua jenis timbangan memiliki waterpass, salah satunya adalah timbangan berat badan. Yang paling mempengaruhi adalah batas toleransi dari masing-masing timbangan.

Tentunya timbangan analitik mempunyai toleransi yang berbeda dengan timbangan berat badan. Timbangan analitik memiliki toleransi yang lebih kecil daripada timbangan berat badan sehingga posisi timbangan analitik sangat berpengaruh terhadap hasil penimbangan dan akhirnya perlu ditambahkan elemen waterpass.

Beda halnya dengan timbangan berat badan yang mempunyai toleransi yang lebih besar daripada timbangan analitik sehingga ada beberapa timbangan berat badan yang tidak memiliki waterpass.

Free Ebok Estimasi Ketidakpastian TDS

Leave a reply