Teknik Paling Sederhana Dan Mudah Untuk Membersihkan Glassware Laboratorium

Bagaimana teknik paling sederhana dan mudah untuk membersihkan glassware laboratorium?

Dalam 4 Kesalahan yang mungkin terjadi di laboratorium, kesalahan ke-2 (dua) adalah kesalahan yang disebabkan oleh sarana dan parasarana di laboratorium.

Salah satu kesalahan tersebut adalah penggunaan glassware laboratorium yang tidak bersih. Penggunaan laboratorium glassware yang tidak bersih bisa mengganggu analisa, bisa menyebabkan hasil analisa lebih rendah, atau lebih tinggi.

Proses pembersihan glassware laboratorium tidak semudah membersihkan glassware untuk kebutuhan konsumsi, karena penggunaan bahan kimia yang memiliki sifat khusus dan berbeda.

Berikut adalah teknik sederhana dan mudah untuk membersihkan glassware laboratorium sehingga analisa bisa terlaksana dengan lebih baik.

Teknik Pembersihan Dasar

Secara umum, lebih mudah untuk membersihkan glassware laboratorium jika kita melakukannya dengan benar sedari awal. Jika kita menggunakan sabun untuk membersihkan glassware laboratorium, pastikan menggunakan sabun khusus untuk penggunaan di laboratorium.

Jika sabun khusus belum tersedia, kita bisa membersihkan glassware laboratorium dengan pelarut yang tepat, kemudian cuci dengan air kran dan diakhiri dengan aquadest.

Teknik Membersihkan Glassware laboratorium dari Bahan Kimia Umum

1. Bahan kimia yang mudah larut air

Misalnya, larutan natrium klorida atau larutan sukrosa.

Teknik pembersihan : Bilas 3 -4 kali dengan aquadest .

2. Bahan kimia yang tidak larut dalam air

Misalnya, larutan yang mengandung hexan atau chloroform.

Teknin pembersihan : Bilas 2-3 kali dengan ethanol atau acetone, kemudian bilas 3-4 kali dengan aquadest. Pada beberapa kasus, kita membutuhkan pelarut lain untuk pembilasan awal.

3. Bahan Kimia Asam Kuat

Misalnya,  Asam Klorida pekat atau Asam Sulfat pekat.

Teknik pembersihan : Bilas laboratorium glassware dengan air kran secara berhati hari beberapa kali di dalam lemari asam. Kemudian bilas 3-4 kali dengan aquadest.

4. Bahan Kimia Basa Kuat

Misalnya , Larutan NaOH 6 M atau larutan ammonia pekat.

Teknik pembersihan : Bilas laboratorium glassware dengan air kran secara berhati hari beberapa kali di lemari asam. Kemudain bilas 3-4 kali dengan aquadest.

5. Bahan Kimia Asam Lemah

Misalnya, larutan asam asetat , larutan asam klorida 0.1 N atau larutan asam sulfat 0.1 N

Teknik pembersihan : Bilas 3-4 kali dengan aquadest

6. Bahan kimia Basa lemah

Misalnya, larutan natrium hidroksida 0.1 M atau larutan ammonia 1 M

Bilas dengan air kran untuk menghilangkan basa, kemudian bilas 3-4 kali dengan aquadest.

 

Teknik Membersihkan Glassware laboratorium dengan penggunaan khusus

1. Laboratorium glassware yang digunakan untuk bahan kimia organik

Bilas glassware dengan pelarut yang sesuai, yaitu, aquadest untuk reagen yang larut air atau ethanol untuk larutan yang larut pada ethanol. Kemudian bilas dengan aquadest.

Bila diperlukan, bilas  kembali dengan pelarut lain yang sesuai, kemudian dengan ethanol dan terakhir dengan aquadest.

Jika dibutuhkan proses scrubbing, gunakan pembersih dengan air sabun hangat, bilas dengan air kran dan terakhir bilas dengan aquadest.

2. Teknik Pembersihan Buret

Cuci dengan air sabun hangat, bilas dengan air kran , kemudian bilas 3-4 kali dengan aquadest.Yakinkan bahwa bilasan terakhir keluar  dari buret.

Buret harus dibersihkan dengan baik karena digunakan untuk analisa quantitative.

3. Teknik Pembersihan Pipet dan Labu Ukur

Pada beberapa kasus, kita perlu membersihkan pipet dan labu ukur dengan merendamnya semalam dengan air sabun.

Bersihkan pipet dan labu ukur menggunakan air sabun hangat. Jika scrubbing diperlukan, gunakan sikat, kemudian bilas dengan air kran dan lanjutkan 3-4 kali dengan aquadest.

 

Teknik pengeringan glassware laboratorium

1.Tidak disarankan mengeringkan glassware laboratorium dengan handuk atau air bertekanan karena akan memberikan fiber atau impurities yang akan mengkontaminasi larutan.

Secara umum, kita bisa membiarkan glassware laboratorium kering sendiri dengan udara sekitar. Jika kita pada akhirnya menambahkan air pada glassware laboratorium , kita bisa meninggalkannya dalam keadaan basah.

Jika kita menggunakan pelarut ether pada glassware laboratorium , kita dapat mencuci glassware laboratorium dengan ethanol atau acetone untuk menghilangkan air, kemudian dibilas menggunakan pelaut yang digunakan.

2. Pembersihan dengan Bahan kimia

Jika air akan mempengaruhi konsentrasi larutan akhir, bilas tiga kali menggunakan larutan yang digunakan.

3.Pengeringan Glassware laboratorium

Jika glassware laboratorium akan digunakan dengan cepat setelah pencucian dan harus digunakan kering, bilas 2-3 kali dengan aceton. Bahan kimia ini akan menghilangkan air dan akan menguap dengan cepat.

Walaupun bukan merupakan ide yang baik untuk untuk mengalirkan udara pada laboratorium glassware, anda bisa menggunakan vaccum untuk membuang  dan menguapkan air di glassware.

Catatan Tambahan

1. Pindahkan tutup dan stopcocks ketika tidak digunakan. Jika tidak mereka akan menempel di tempatnya

2. Anda dapat membersihkan ground glass joint dengan mengelapnya dengan handuk bebas linen yang dibasahi dengan ether atau acetone. Gunakan sarung tangan dan hindari menghirup uapnya.

 

Demikian teknik paling sederhana dan mudah untuk membersihkan glassware laboratorium, jika ada informasi lain yang dibutuhkan, silahkan menghubungi kami via e-mail di [email protected]

Training gratis kalibrasi peralatan laboratorium

 

Leave a reply